Profil Kelurahan Temas, Kota Batu

Kondisi Geografis Kelurahan Temas

Kelurahan Temas adalah suatu kelurahan yang terletak di Kecamatan Batu, Kota Batu. Kelurahan ini berada pada ketinggian 600 - 1000 meter dpl dengan luas daerah 323 ha. Berikut adalah batas kelurahan :
  • Batas utara : Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji
  • Batas timur : Desa Torongrejo dan Desa Beji
  • Batas selatan : Desa Oro-Oro Ombo
  • Batas barat : Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu
3 Temas
Peta Kelurahan Temas
(sumber : kimtemasbahtera.wordpress.com)

Kelurahan ini berada di DAS Sungai Brantas, sungai terpanjang di Jawa Timur. Selain itu, Kelurahan Temas juga memiliki tiga (3) sumber mata air, yaitu Sumber Tenggulun, Sumber Genengan, dan Sumber Reco.

Sejarah Kelurahan Temas

    Sejarah Kelurahan Temas sendiri bermula ketika Pangeran Diponegoro ditangkap oleh Tentara Belanda. Pengikut setia Pangeran Diponegoro akhirnya kabur ke daerah timur kerajaan Yogyakarta atau biasa disebut sebagai "Daerah Brang Wetan". Salah satu pengikut setia yang kabur tersebut bernama "Mbah Bener" atau "Belender". Setelah bertapa, Mbah Bener akhirnya "Babat Alas" di hutan yang berada di sebelah timur Hutan Sisir untuk dijadikan desa. Ketika babat alas tersebut, Mbah Bener menemukan pohon Temu yang mengeluarkan cahaya seperti emas, sehingga Mbah Bener menyebut daerah tersebut menjadi "Temu Emas". Seiring berjalannya waktu, nama "Temu Emas" teringkas menjadi "Temas" dan nama tersebut akhirnya bertahan sampai saat ini.

Mbah Bener Temas Eks Laskar dari Kidul Brantas
Makam Mbah Bener di Kelurahan Temas
(sumber : malangpostonline.com)

    Awalnya, Kelurahan Temas yang termasuk dalam Kecamatan Batu bersamaan dengan Kecamatan Junrejo dan Kecamatan Bumiaji masih termasuk wilayah administratif Kabupaten Malang. Namun sejak 6 Maret 1993, Kelurahan Temas menjadi bagian dari Kota Administratif Batu dan begitu seterusnya hingga saat ini menjadi bagian dari Kota Otonom Batu sejak 17 Oktober 2001.

Penduduk Kelurahan Temas

    Kelurahan Temas berpenduduk sebanyak 17.939 dengan rincian 9.053 laki-laki dan 8.886 perempuan. Mayoritas Penduduk Temas bekerja sebagai petani dan pedagang. Hal ini didukung dengan luas daerah pertanian di Kelurahan Temas yang mencapai 1/3 luas total kelurahan (112,1 ha). Potensi pertanian yang dikembangkan penduduk Kelurahan Temas adalah jamur, jagung, bawang merah, bawang putih, selada air dan tanaman hortikultural lainnya. Berikut adalah daftar kawasan pertanian di beberapa daerah di Kelurahan Temas.
  • Kawasan Krajan : padi, sayur dan jagung
  • Kawasan Putuk : padi, sayur dan jagung
  • Kawasan Kasin : padi, sayur dan jagung
  • Kawasan Torong Kelampok : selada, padi dan jagung
  • Kawasan Torong Libruk : sayur dan jagung
  • Kawasan Genting : selada air
  • Kawasan Wangkal : selada air
  • Kawasan Besul : sayur, jagung dan padi
  • Kawasan Gelonggong : sayur, jagung dan padi
Pertanian di Kelurahan Temas sendiri sudah mendapatkan dukungan dari Dinas Pertanian Kota Batu, seperti bantuan benih dan pembangunan saluran irigasi. 

Sarana dan Prasarana Kelurahan Temas

    Kelurahan Temas memiliki sarana pendidikan formal mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajatnya. Berdasarkan data dari Kemendikbud, jumlah sekolah terdaftar berjumlah 5 SD/MI, 2 SMP/MTs dan 1 MAN. Berikut adalah daftar lengkapnya.

Selain tempat pendidikan formal, Kelurahan Temas juga memiliki tempat pendidikan nonformal berupa pondok pesantren dan Taman Pendidikan Quran (TPQ). Tercatat ada 5 pondok pesantren dan 6 TPQ tersebar di daerah tersebut.
    Kelurahan Temas juga merupakan daerah strategis di Kota Batu karena beberapa tempat penting di Kota Batu, contohnya adalah Pasar Induk Kota Batu dan Terminal Kota Batu. Sarana dan prasarana kegiatan sosial budaya dan keagamaan banyak muncul di wilayah Kelurahan Temas. Di Kelurahan Temas sendiri terdapat 10 masjid, 5 tempat kesenian, 6 kerajinan, 5 sarana olahraga, dan 11 pos kamling. Sarana kesehatan juga terdapat di Kelurahan Temas berupa Polindes dan praktik dokter swasta.

Wisata Kelurahan Temas

Kelurahan Temas sendiri juga memiliki beberapa tempat wisata yang terkenal di masyarakat, beberapa di antaranya
  • Jawa Timur Park 2
Jawa Timur Park 2
(sumber : jalanjalanhemat.com)
    • Kampung Wisata Tani Temas
    Kampung Wisata Tani Temas
    (sumber : facebook.com)
    • Kampung Ekologi Temas
    Kampung Ekologi Batu Into Green Temas
    (sumber : timesindonesia.co.id)
    • Taman Hutan Temas
    Taman Hutan Temas
    (sumber : kimbahteratemas.blogspot.com)

        Kelurahan Temas sendiri juga banyak mengadakan kegiatan festival atau karnaval yang menarik banyak pengunjung. Beberapa contohnya adalah Festival Kampung Tani dan Selamatan Temas. Festival Kampung Tani merupakan festival yang sudah terlaksana sejak tahun 2014. Festival Kampung Tani atau disingkat FKT ini sudah mencapai iterasi yang ke-6. Dengan konsep utama yaitu pertanian, FKT  sudah menjadi agenda tahunan yang disponsori oleh Pemerintah Kota Batu sendiri. FKT ini memiliki banyak kegiatan seperti ludruk, jaran kepang, bazar, konser dan jajanan tradisional. Tak kalah menarik dari Festival Kampung Tani, Kelurahan Temas juga mengadakan Selamatan Desa. Selamatan ini sebagai bentuk syukur atas hari jadi Kelurahan Temas tiap tahunnya. Selamatan ini tiap tahun berlangsung meriah dengan iringan drumband dan fashion carnival. Bahkan, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko dan wakilnya, Punjul Santoso menghadiri pelaksanaan Selamatan Desa Kelurahan Temas ke-165 tahun 2019.
    Selamatan Desa Kelurahan Temas yang ke-165 tahun 2019
    (sumber : batukota.go.id)

    Kampung-Tani-a.jpg
    Festival Kampung Tani ke-6 tahun 2019
    (sumber : timesindonesia.co.id)


    Prestasi Kelurahan Temas

        Kelurahan Temas memiliki beberapa prestasi yang membanggakan. Salah satu di antaranya adalah predikat Kelurahan Terbaik kategori Pratama Tangguh tingkat Jawa Timur tahun 2019. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa kepada Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso dan Lurah Temas, Tantra Soma Pandega di Gedung Grahari, Surabaya.

    Lurah Temas, Tantra Soma Pandega bersama Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso berfoto dengan piala penghargaan Kelurahan Terbaik kategori Pratama Tangguh tingkat Jawa Timur tahun 2019
    (sumber : https://malangtimes.com)



    Sumber :

    Komentar